https://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/issue/feedJenggala : Jurnal Riset Pengembangan dan Pelayanan Kesehatan2024-12-28T12:22:50+00:00Andra Dwitama Hidayatandra.dwitama@iik.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jenggala: Jurnal Riset Pengembangan dan Pelayanan Kesehatan </strong>merupakan Jurnal Ilmiah yang berfokus pada pengembangan kesehatan masyarakat berdasar pilar kesehatan masyarakat dan upaya manajerial unit penunjang difasilitas pelayanan kesehatan guna mencapai penyelenggaraan layanan kesehatan yang paripurna dan bermutu. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dibidang Kesehatan Masyarakat, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, serta Administrasi Rumah Sakit yang didalamnya mencakup (<strong><em>scope</em></strong>):</p> <p>1. Epidemiologi<br />2. Promosi Kesehatan dan Perilaku<br />3. Kesehatan Lingkungan<br />4. Gizi Masyarakat<br />5. Kesehatan dan Keselamatan Kerja<br />6. Kesehatan Reproduksi<br />7. Manajemen Data dan Statistik Kesehatan<br />8. Manajemen Penyelenggaraan dan Mutu Pelayanan Kesehatan<br />9. Manajemen Informasi Kesehatan<br />10. Manajemen Unit Pelayanan Kesehatan<br />11. Manajemen Sistem Informasi Kesehatan</p> <p>Jurnal ini diterbitkan Fakultas Teknologi dan Manajemen Kesehatan <a href="https://www.iik.ac.id/">Institut ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata</a> yang dipublikasikan setahun dua kali yaitu bulan <strong>Juni dan Desember </strong>nomor <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220630111107316">ISSN. 2830-7976</a>. Semua publikasi di <strong>Jurnal Riset Pengembangan dan Pelayanan Kesehatan</strong> ini bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.</p>https://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/186Teknik Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan Untuk Menilai Kepuasan Pasien di Ruang Bersalin RS Aura Syifa Kediri2024-09-06T05:59:13+00:00Yanuar Eka Pujiastutikyanuarekapujiastutik@gmail.comIndiani Yauriindriani.yauri@gmail.comEko Prasetyo Choliseko.cholis@gmail.comWahyu Sri Astutikwahu.sri.astutik@gmail.com2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Yanuar Eka Pujiastutik, Indiani Yauri, Eko Prasetyo Cholis; Wahyu Sri Astutikhttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/207Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diabetes Mellitus Pada Wanita di Desa Jajar Kabupaten Kediri 2024-10-23T12:10:44+00:00Putri Liana Sariam.putli22@gmail.comAkhmadi Abbasakhmadi.abbas@iik.ac.idKrisnita Dwi Jayantikrisnita.dwi.jayanti@iik.ac.id<p>Diabetes Melitus (DM) adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh berbagai faktor yang ditandai oleh tingginya kadar gula darah serta gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein akibat kekurangan insulin. Dalam survei Riskesdas 2018, diketahui bahwa 10,9% penduduk Indonesia menderita diabetes. Terkhusus untuk Desa Jajar yang menjadi lokasi penelitian, ditemukan sebanyak 106 penderita DM pada bulan januari-juli tahun 2024. Penelitian dengan jenis observasional ini digunakan dengan rancangan studi cross-sectional. Sampel diambil dengan metode total sampling yang sebanyak 53 responden dan keseluruhan adalah wanita serta dilakukan di Posyandu Durian, Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Data dianalisis dengan uji chi-square dan ditinjau dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan faktor risiko yang berhubungan terhadap kejadian diabetes mellitus pada wanita yang berkunjung ke Posyandu Durian ialah hipertensi (p-value=0,002,OR=6,500), obesitas (p-value=0,043,OR=3,467), dan riwayat keluarga menderita DM (p-value=0,016,OR=4,667). Sedangkan, paparan asap rokok (p-value=0,694) dan riwayat melahirkan bayi dengan BB bayi >4kg (p-value=0,781) tidak menjadi faktor risiko terhadap kejadian diabetes mellitus pada wanita yang berkunjung ke Posyandu Durian. Perlu dilakukan peningkatan penyebaran informasi kesehatan di Posyandu, serta keaktifan kader posyandu untuk mengajak warga agar mau memeriksakan kesehatan ke Posyandu terdekat.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Putri Liana Sari, Akhmadi Abbas, Krisnita Dwi Jayantihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/224Aktivitas Fisik Rutin dalam Produktivitas Harian pada Dewasa Akhir2024-12-11T03:19:53+00:00Atha Candra Puspitaatha.candra@gmail.comSofie Talitha Yesiana Rahmawatisofierahmawati248@gmail.comSuparmi Suparmisuparmi@gmail.com<p>Dewasa akhir sering dianggap sebagai fase di mana individu menghadapi berbagai tuntutan dalam kehidupan, baik dari segi pekerjaan maupun tanggung jawab keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dan produktivitas harian individu di fase ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data terkait topik penelitian dari berbagai sumber artikel dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Data diperoleh dari google scholar dan terdapat 100 artikel, setelah dilakukan identifikasi diperoleh 5 artikel yang relevan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur berdampak positif pada peningkatan produktivitas. Responden yang aktif secara fisik mengalami perbaikan dari segi kesehatan fisik dan mental, yang berdampak pada kesejahteraan dan fokus untuk menjalani aktivitas sehari-hari. </p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Atha Candra Puspita, Sofie Talitha Yesiana Rahmawati; Suparmi Suparmihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/221PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH SAKIT (STUDI DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI)2024-12-04T02:21:20+00:00ALITA DEWI PERCUNDAalita.dewi@iik.ac.idLovia Ayu Nenda Rifqy Putriloviaayunendarifqyputri@gmail.com<p>Latar belakang: Sebagai sebuah institusi pelayanan, Rumah Sakit dituntut senantiasa melakukan peningkatan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas. Kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan diharapkan akan menjadi pengalaman positif yang berdampak bagi Rumah Sakit. Kualitas pelayanan yang baik akan mampu meningkatkan kunjungan layanan di Rumah Sakit. Peningkatan kualitas pelayanan menjadi harapan untuk peningkatan loyalitas pelanggan yang akan meningkatkan kinerja Rumah Sakit. Bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien. Metode: Merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan <em>cross sectional</em> yang menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil: Dari 141 responden yang didapatkan, sebagian besar adalah perempuan (63,83%), berusia lebih dari 41 tahun (48,94%), dan pendidikan terakhir SMA (53,19%). Sebagian besar responden di rawat selama 3 – 6 hari (65,96%). Analisis deskriptif indikator kualitas pelayanan yang paling tinggi adalah <em>tangible</em> (4,13 ± 0,45) sedangkan indikator loyalitas pelanggan yang paling tinggi adalah melakukan pelayanan ulang (4,17 ± 0,56). Uji statistik menunjukkan secara umum kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (sig 0,015) dengan 3 dari lima indikator kualitas pelanggan yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu <em>tangible, responsiveness</em>, dan <em>empathy</em> (sig < 0,015). Simpulan dan saran: Secara umum kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Rumah Sakit harus senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pelanggan akan semakin loyal dan jumlahnya terus meningkat.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 ALITA DEWI PERCUNDA, Lovia Ayu Nenda Rifqy Putrihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/225Ketidaklengkapan Pengisian Informed Consent di Rumah Sakit2024-12-11T05:42:47+00:00Gamasiano Alfiansyahgamasiano.alfiansyah@polije.ac.idWicaksono Jonathanjonathanwcksn@gmail.comMaya Weka Santimayaweka_santi@polije.ac.idEfri Tri Ardiantorefritria@gmail.comSelvia Juwita Swariselviaswari@polije.ac.idDemiawan Rachmatta Putro Mudionodemiawanrachmatta@polije.ac.id<p>Rumah sakit X merupakan rumah sakit di provinsi Jawa Timur yang masih mengalami ketidaklengkapan pengisian formulir informed consent. Hasil studi pendahuluan menemukan sebanyak 94 formulir belum diisi dengan lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian formulir informed consent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 2 dokter, 2 perawat, kepala rekam medis, dan 2 staff rekam medis. Selain itu, data juga dikumpulkan dengan observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidaklengkapan pengisian informed consent disebabkan oleh motivational factor karena belum adanya pemberian reward dan punishment, opportunity factor karena kurangnya sosialisasi SOP dan kurangnya jumlah SDM, dan ability factor disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kurangnya pelatihan, dan masa kerja. Rumah Sakit X disarankan untuk membuat regulasi mengenai pemberian reward dan punishment, menambah jumlah SDM khususnya di unit rekam medis, dan melakukan sosialisasi SOP secara berkala kepada petugas yang bertanggungjawab dalam pengisian informed consent.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Gamasiano Alfiansyah, Wicaksono Jonathan, Maya Weka Santi, Efri Tri Ardiantor, Selvia Juwita Swari, Demiawan Rachmatta Putro Mudionohttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/218Stabilitas Pooled Sera Etilen Glikol dan Pooled Plasma NaF Sebagai Bahan Kontrol Pemeriksaan Glukosa2024-11-25T01:28:00+00:00Aulia Risqi FatmarizaAulia.risqi@iik.ac.idAngga Eka Kurniawanangga.eka.kurniawan@iik.ac.idNofita Sarinofita.sari@iik.ac.id2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Aulia Risqi Fatmariza, Angga Eka Kurniawan, Nofita Sarihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/185FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) PADA KARYAWAN DIVISI GENERAL SERVICE DAN DIVISI FINANCE AND BUDGETING DI PT.X TAHUN 20242024-11-25T02:53:54+00:00Twinagung Dorojatun Suryaningaditwinagungds@gmail.comNamira Wadjir Sangadjinamirasangadji@gmail.com<p>Keluhan <em>Musculoskeletal Disorder (MSDS)</em>merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja, sehingga dapat berdampak kepada diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara postur kerja, masa kerja, dan usia dengan keluhan <em>Musculoskeletal Disorder (MSDS))</em> pada karyawan di PT.X. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dengan besar sampel 40 karyawan (total sampling). Data yang dikumpulkan yaitu data primer menggunakan kuesioner <em>Nordic Body Map</em> <em>(NMB)</em>. Penelitian ini dilakukan bulan Juni – Juli 2024 . Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu postur kerja, masa kerja , dan usia, data dianalisis dengan univariat dan bivariat dengan uji <em>chi square</em>. Hasil penelitian dari uji statistik Chi-square menunjukkan variabel yang ada hubungan antara keluhan <em>Musculoskeletal Disorder (MSDS)</em>, yaitu postur kerja (p= 0,563), masa kerja (p=0,000), dan usia (p=0,000) dengan keluhan <em>Musculoskeletal Disorder (MSDS)</em> pada karyawan di PT. X pada tahun 2024. Disarankan kepada manajemen agar dapat melakukan supervisi untuk melihat penerapan setiap pekerjaan sesuai dengan SOP.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Twinagung Dorojatun Suryaningadi, Namira Wadjir Sangadjihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/219PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER DAYA SOSIAL TERHADAP EFEKTIFITAS STRATEGI PEMASARAN RS BAPTIS KEDIRI2024-11-28T01:24:58+00:00Agus Sulistiawanagus.sulistiawan@iik.ac.idSalsabilla Sevina Izdiharsalsabila.izdihar@gmai.comNITA ERMAWATIermawati27nita@gmail.com<p>Media sosial merupakan salah satu contoh dari bentuk perkembangan teknologi yang mempunyai banyak manfaat karena jangkauannya yang luas. Dalam hal pemasaran, media sosial dapat mempengaruhi persepsi masyarakat umum terhadap suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial terhadap strategi pemasaran RS Baptis Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana sebanyak 32 responden,. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan dalam efektivitas strategi pemasaran RS Baptis Kediri. Tips bagi pihak rumah sakit untuk meningkatkan kualitas konten dan menciptakan desainer konten agar social media dapat bekerja maksimal di semua platform media.</p> <p> </p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Agus Sulistiawan, Salsabilla Sevina Izdihar, NITA ERMAWATIhttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/227Kajian Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS 2024-12-17T03:22:01+00:00Anggia Panggabeananggia.panggabean@gmail.comSevi Oktrianadewisevi.oktrianadewi@iik.ac.idCharisma Chammy Delanianchammy.delanian@gmail.com<p>Perkembangan teknologi informasi dalam era globalisasi semakin meningkat. Pengimplementasian Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Rumah Sakit X di kota Kediri baru saja dilakukan pembaruan namun masih memiliki kendala yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Pengukuran kepuasan pengguna dilakukan dengan menggunakan metode EUCS dengan 5 variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengguna terlihat puas dari segi isi karena SIMRS menghasilkan informasi yang membantu, sesuai, mudah dipahami, lengkap, dan jelas. Keakuratan informasi sudah sesuai dengan keinginan pengguna dan setiap pengguna sudah diberikan user dan password. Tampilan antarmuka dan struktur menu SIMRS teratur dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajari SIMRS. Hal yang belum sesuai harapan pengguna yaitu belum memiliki menu bantuan, masih sering error dan warna tampilan yang kurang menarik. Meskipun memiliki kendala dalam penggunaannya, SIMRS sangat membantu petugas dalam melakukan pendaftaran pasien.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Anggia Panggabean, Sevi Oktrianadewi, Charisma Chammy Delanianhttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/233ANALISIS WASTE PADA KEPULANGAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BAPTIS KOTA KEDIRI2024-12-27T14:12:30+00:00Adi Laksonoadi.laksono@iik.ac.idCindy Fatika Saricindy.sari@gmail.com<p><strong>Latar Belakang:</strong><em> Waste </em>merupakan proses yang menyebabkan penambahan biaya atau waktu namun tidak memberikan nilai tambah. Charon, et.al (2015) menyatakan ada 9 jenis <em>waste</em> yang dapat terjadi pada suatu proses. Berdasarkan wawancara awal, teridentifikasi 2 <em>waste</em> yaitu <em>motion </em>dan <em>extra procesin</em>g di Kasir Loket 12 pada proses kepulangan pasien rawat inap di Rumah Sakit Baptis Kota Kediri<em>. </em>Proses kepulangan tidak hanya berhubungan dengan Kasir Loket 12 namun juga dengan Instalasi Rawat Inap dan Depo Farmasi. <strong>Tujuan:</strong> Mengidentifikasi seluruh <em>waste </em>pada proses kepulangan pasien rawat inap di Rumah Sakit Baptis Kota Kediri. <strong>Metode:</strong> Menggunakan rancangan kualitatif yang disajikan secara deskriptif eksploratif. <strong>Hasil:</strong> Proses kepulangan pasien rawat inap di Rumah Sakit Baptis Kota Kediri terdiri dari 7 sub-proses, dengan <em>LT</em> 3 jam 29 menit 35 detik, <em>VA</em> 41 menit 54 detik, dan PCE 19,99%. Teridentifikasi 7 jenis <em>waste,</em> yaitu 1 <em>Excess Inventory</em>, 5 <em>Extra Processing</em>, 6 <em>Motion</em>, 1 <em>Transportation</em>, 2 <em>Underutilized People</em>, 10 <em>Waiting</em>, dan 2 <em>Defect</em>. <em>Waste Overproduction </em>dan <em>Employee Behavior</em> tidak ditemukan. Akar penyebab <em>waste </em>adalah faktor lingkungan, manusia, material, mesin, dan metode. <strong>Kesimpulan dan Saran:</strong> Dari teori 9 jenis <em>waste,</em> pada penelitian ini mengidentifikasi sebanyak 7 jenis <em>waste</em>. Sebaiknya dilakukan evaluasi untuk mengeliminasi <em>waste</em> dan memperbaiki proses.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Adi Laksono, Cindy Fatika Sarihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/222HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PERAWATAN PAYUDARA DENGAN PERILAKU PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU HAMILTRIMESTER III DI TPMB ALIMAH SETIA DEWI S.Keb.,Bd PANDAAN PASURUAN2024-12-04T05:54:22+00:00Siti Fithrotul Umamisiti.umami@gmail.comAprilya Tunggo Dewiaprilya.tunggo90@gmail.com<p>Rendahnya pengetahuan ibu tentang pentingnya perawatan payudara selama hamil akan mempengaruhi produksi ASI dan perilaku pemberian ASI ekslusif pada bayi sejak lahir sampai usia enam bulan. Beberapa masalah yang dapat muncul pada ibu hamil yang tidak melakukan perawatan payudara selama kehamilan meliputi nyeri pada puting susu, pembengkakan payudara, mastitis, abses payudara, dan ketidaklancaran ASI. Dalam survei awal yang dilakukan di Puskesmas Pandaan, Kabupaten Pasuruan, ditemukan bahwa dari 87 ibu, 60% atau sebanyak 53 ibu mengalami masalah dengan kelancaran ASI. Sementara itu, 30% atau 34 ibu mengalami kelancaran dalam proses menyusui. Tujuan penelitian : Mengetahui Mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perawatan Payudara Dengan Perilaku Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III Di TPMB Alimah Setia Dewi, S.Keb.,Bd Pandaan Pasuruan. Metode penelitian : Jenis penelitian ini bersifat Korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan distribusi frekuensi Pengetahuan ibu hamil tentang perawatan payudara mayoritas Pengetahuan Cukup sejumlah 22 responden (53.7%) dan untuk Frekuensi Perilaku Perawatan Payudara Cukup sejumlah 20 responden (48.8%) lebih besar.Terdapat hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perawatan Payudara dengan Perilaku Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil Trimester III di TPMB Alimah Setia Dewi S.Keb.,Bd Pandaan Pasuruan. Hasil dari uji korelasi rank spearman diperoleh nilai p=0,000 <0,05.</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Siti Fithrotul Umami, Aprilya Tunggo Dewihttps://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/234Inovasi Sistem Registrasi Pasien di RSUD Gambiran Kota Kediri2024-12-28T12:07:05+00:00Reni Trianing Tyasreni.tyas@iik.ac.idAndra Dwitama Hidayatandra.dwitama@iik.ac.idNurhadi Nurhadinurhadi@iik.ac.idAgustinus Nugroho Pudji Lestarjoag.nugroho@iik.ac.id<p>Aplikasi pendaftaran online di RSUD Gambiran Kota Kediri merupakan layanan penerimaan pasien yang menggunakan internet untuk layanan rawat jalan. Pasien atau keluarga harus melakukan pendaftaran secara manual dan mengantri di loket pendaftaran, yang sering kali memakan waktu lama. Proses pendaftaran ini merupakan tahap awal yang sangat berpengaruh terhadap kesan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Petugas pendaftaran harus dapat mengenali kebutuhan pasien sebelum mendaftarkan mereka ke layanan yang tepat. Berdasarkan wawancara dan observasi di RSUD Gambiran, terungkap ada lima cara pendaftaran pasien rawat jalan yang terdiri dari dua jenis, yaitu daring dan luring. Berikut rincian sistem pendaftaran: Loket 1 dan 2 untuk pasien lama, Loket 3 dan 4 untuk pasien baru, Loket 5 dan 6 untuk pasien yang menggunakan aplikasi JKN Mobile dan SISBRO, serta Loket 7 dan 8 untuk pasien prioritas (Fast Track). Setiap loket dilengkapi dengan meja, kursi, dan komputer sebagai fasilitas pelayanan. Nomor antrian dapat diambil di area belakang kursi tunggu, yang dekat dengan pintu masuk loket pendaftaran rawat jalan. Dengan hadirnya aplikasi pendaftaran online, diharapkan proses pendaftaran menjadi lebih cepat dan mempermudah pasien dalam mengakses layanan kesehatan di RSUD Gambiran</p>2024-12-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Reni Trianing Tyas, Andra Dwitama Hidayat, Nurhadi Nurhadi; Agustinus Nugroho Pudji Lestarjo