Penyebab Ketidaklengkapan Berkas Klaim Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin: Pendekatan Kualitatif
Kata Kunci:
Ketidaklengkapan Berkas, Klaim Pembiayaan, Pembiayaan Pelayanan KesehatanAbstrak
Penyelenggaraan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan sebuah amanat konstitusi sebagaimana telah tercantum dalam UUD 1945 pasal 34 yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara. Pada bulan januari-april 2022, sebanyak 77 persen berkas klaim biaya pelayanan kesehatan penduduk miskin di Kota Probolinggo masih tidak lengkap. Hal ini tidak sesuai dengan persyaratan administrasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 156 Tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab ketidaklengkapan berkas klaim pembiayaan pelayanan kesehatan penduduk miskin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Waktu penelitian pada bulan Mei 2022. Tempat penelitian di Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Probolinggo. Teknik pengambilan sample yaitu total sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu petugas verifikasi klaim pembiayaan pelayanan kesehatan sebanyak 3 orang. Pengambilan data primer dengan cara melakukan FGD (Focus Group Discussion) dan NGT (Nominal Group Technique). Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar prosedur operasional (SPO), kinerja petugas, ketelitian petugas, dan belum adanya lembar ceklist merupakan faktor penyebab ketidaklengkapan berkas klaim. Disarankan bagi instansi tekait untuk membuat standar prosedur operasional (SOP) dan lembar ceklis. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan melanjutkan penelitian dengan variabel yang lebih beragam.
Referensi
Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 2022. Panduan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS Tahun 2022. Jakarta: BPJS Kesehatan
Adiyanta, F,S. Susila. Urgensi Kebijakan Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) bagi Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Administrative Law & Governance Journal. 2020;3(2): 272-299
Pemerintah Kota Probolinggo. Peraturan Walikota Nomor 156 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk Kota Probolinggo
Andriani, Y.A. Pengaruh Penerapan SOP (Standard Operating Procedure) Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. 2019;1(2): 1-10
Roszita, O. R., Cholifah, dan Noviandari, I. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur, Disiplin, Dan Komitmen Kerja Terhdapa Kinerja Pegawai Pada CV Bintang Timur Raya Sidoarjo. Jurnal Manajemen Branchmarck. 2018; 4(3): 70-76
Wahongan, E.P.T. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP), Fasilitas, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di RSUD Noongan. Jurnal EMBA. 2021;9(3): 41-51
Nugraheni, R., Prihatini, dan Budiatmo. Pengaruh Standar Operasional Prosedur dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2014; 3(2): 187-195
Winarti., Supriyanto, Stefanu. Analisis Kelengkapan Pengisian dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2013; 1(4): 345 - 351
Yoesana, U. Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pemerintahan Integratif. 2013; 1(1): 13-27
Wirajaya, Made Karma Maha. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien pada Rumah Sakit di Indonesia. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2019; 7(2): 158 – 165
Aprizal. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Telkomsel Area IV Pamasuka Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. 2020; 7(2): 131 - 135
Trianto, Oni. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan pada Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2015. Jurnal Studi Kebijakan Publik dan Birokrasi. 2017; 2(1): 1 - 29
Pradani, E.A., Lelonowati, D., Sujianto. Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di RS X: Apa Akar Masalah dan Solusinya?. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2017; 6(2): 112 – 121
Hidayati, Anis, M.S. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Fog’s Schematic Model For Error Analysis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 2017; 3(2): 128 – 137
Mashuri, Achmad Ichwan. Pengaruh Pelatihan, Kepribadian Ekstraversi dan Kepribadian Ketelitian Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Mekanik. Jurnal Ilmu Manajemen. 2014; 2(3): 832 – 844
Echchakoui, Said. Personality Traits and Performance: The Mediating Role of Adaptive Behavior in Call Centers. American Journal of Industrial and Business Management. 2013; 1(3): 17-27
Maharjana, Ida Bagus N. Penggunaan Daftar Tilik (Checklist) sebagai Panduan Read-Back Mengurangi Potensi Risiko Medication Error. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. 2014; 3(2): 37 – 43
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Hikmawan Suryanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.