Pemahaman Pasien Tentang Proses Alur Pelayanan Rawat Jalan Sebelum dan Sesudah Menggunakan “X-Banner” di Puskesmas Tugu
Kata Kunci:
Alur, Pelayanan, Pemahaman, Rawat Jalan, X-BannerAbstrak
Alur pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Tugu digabungkan untuk beberapa pelayanan, sehingga banyak pasien belum paham. Perbaikan alur pelayanan pasien rawat jalan yang lebih mudah dipahami sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman pasien tentang alur pelayanan rawat jalan sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner. Desain penelitian menggunakan research and development. Populasi penelitian, seluruh pasien rawat jalan yang mendaftar bersifat invinite. Sampel diambil secara accidental sampling sebanyak 72 pasien. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan rumus T-independent. Hasil penelitian didapatkan gambar alur pelayanan rawat jalan lama sulit dipajami karena satu gambar digunakan untuk beberapa pelayanan. Tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan lama dengan kriteria baik 34,7 persen, cukup 36,1 persen dan kurang dari 29,2 persen. Pembuatan model alur pelayanan rawat jalan yang baru menggunakan media X-Banner melibatkan petugas pendaftaran berhasil disepakti dan dibuat untuk diujicobakan. Hasil uji coba di dapatkan tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan baru dengan kriteria baik 48,6 persen, cukup 27,7 persen dan kurang 23,7 persen. Hasil analisa uji T-independent tentang pemahaman alur pelayanan pasien rawat jalan sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner nilai p < 0,001. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pemahaman pasien yang bermakna sebelum dan sesudah menggunkan X-Banner alur pelayanan pasien rawat jalan.
Referensi
Kemenkes. R. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas. Indonesia: www. peraturan.go.id; 2019 hal. 6-19
Reswick J. Pengertian Desain. Course Hero. 2022. hal. 1.
Silvana H, Damayanty D. Penggunaan X-Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. J Kaji Komun. 2014;2(2):105–17.
Darajat TM. Poster Dan Banner Sebagai Media Informasi Bakti Sosial Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur. J Abdimas. 2011;682(Poster Dan Banner Sebagai Media Informasi Bakti Sosial Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 – Bogor):55–67.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DNo Title. Bandung: CV Alfabeta; 2011.
Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. In: Metodologi Penelitian Kesehatan. kedua. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Savitri CB. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media; 2012.
Yuantari MGC, Kualitas Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat: Literature Review. J Kesehat. 2022;20(2).656-664
Rosdiana R. Hubungan Stres Kerja, Jam Kerja, Dan Kelelahan Kerja Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Pt. Telekomunikasi Witel Medan. J Kesehat Glob. 2019;2(3):131-141
Widianto E. Sosialisasi Cara Berinteraksi melalui Video dan Banner Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19. Din J Pengabdi Kpd Masy. 2020;5(1):241–52.
Pratiwi H, Nuryanti N, Fera VV, Warsinah W, Sholihat NK. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Kemampuan Berkomunikasi Atas Informasi Obat. Kartika J Ilm Farm. 2016;4(1):10–5.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Gunawan Rachmat, Suly Herawaty
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.