Pemahaman Pasien Tentang Proses Alur Pelayanan Rawat Jalan Sebelum dan Sesudah Menggunakan “X-Banner” di Puskesmas Tugu

Penulis

  • Gunawan Poltekkes Kemenkes Malang
  • Suly Herawaty

Kata Kunci:

Alur, Pelayanan, Pemahaman, Rawat Jalan, X-Banner

Abstrak

Alur pendaftaran pasien rawat jalan  di Puskesmas Tugu digabungkan untuk beberapa pelayanan, sehingga banyak pasien belum paham. Perbaikan alur pelayanan pasien rawat jalan yang lebih mudah dipahami  sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman pasien tentang alur pelayanan rawat jalan  sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner. Desain penelitian menggunakan research and development. Populasi penelitian, seluruh pasien rawat jalan yang mendaftar bersifat invinite. Sampel diambil  secara accidental sampling sebanyak 72 pasien. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan  rumus T-independent. Hasil penelitian didapatkan gambar alur pelayanan rawat jalan  lama sulit dipajami karena satu gambar digunakan untuk beberapa pelayanan. Tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan  lama  dengan kriteria baik  34,7 persen, cukup 36,1 persen dan kurang dari 29,2 persen. Pembuatan model alur pelayanan rawat jalan yang baru menggunakan media X-Banner melibatkan petugas pendaftaran berhasil disepakti dan dibuat untuk diujicobakan. Hasil uji coba di dapatkan tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan  baru dengan kriteria baik  48,6 persen, cukup 27,7 persen dan  kurang 23,7 persen. Hasil analisa uji T-independent tentang pemahaman alur pelayanan pasien rawat jalan sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner nilai p < 0,001. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pemahaman pasien  yang bermakna sebelum dan sesudah  menggunkan X-Banner alur pelayanan pasien rawat jalan.

Referensi

Kemenkes. R. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas. Indonesia: www. peraturan.go.id; 2019 hal. 6-19

Reswick J. Pengertian Desain. Course Hero. 2022. hal. 1.

Silvana H, Damayanty D. Penggunaan X-Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. J Kaji Komun. 2014;2(2):105–17.

Darajat TM. Poster Dan Banner Sebagai Media Informasi Bakti Sosial Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur. J Abdimas. 2011;682(Poster Dan Banner Sebagai Media Informasi Bakti Sosial Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 – Bogor):55–67.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DNo Title. Bandung: CV Alfabeta; 2011.

Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. In: Metodologi Penelitian Kesehatan. kedua. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Savitri CB. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media; 2012.

Yuantari MGC, Kualitas Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat: Literature Review. J Kesehat. 2022;20(2).656-664

Rosdiana R. Hubungan Stres Kerja, Jam Kerja, Dan Kelelahan Kerja Dengan Tingkat Konsentrasi Pada Pekerja Pengguna Komputer Di Pt. Telekomunikasi Witel Medan. J Kesehat Glob. 2019;2(3):131-141

Widianto E. Sosialisasi Cara Berinteraksi melalui Video dan Banner Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19. Din J Pengabdi Kpd Masy. 2020;5(1):241–52.

Pratiwi H, Nuryanti N, Fera VV, Warsinah W, Sholihat NK. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Kemampuan Berkomunikasi Atas Informasi Obat. Kartika J Ilm Farm. 2016;4(1):10–5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Gunawan, & Herawaty, S. (2022). Pemahaman Pasien Tentang Proses Alur Pelayanan Rawat Jalan Sebelum dan Sesudah Menggunakan “X-Banner” di Puskesmas Tugu. Jenggala : Jurnal Riset Pengembangan Dan Pelayanan Kesehatan, 1(1), 19-27. Diambil dari http://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/46

Terbitan

Bagian

Artikel