Analisis SWOT Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan Sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Organisasi

Penulis

  • Gerardin Ranind Kirana IIK Bhakti Wiyata Kediri
  • Reny Nugraheni IIK Bhakti Wiyata Kediri

Kata Kunci:

Puskesmas, SWOT

Abstrak

Sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan, Puskesmas Turi yang terletak di Kecamatan Turi dengan jumlah kunjungan rawat jalan tertinggi di Kabupaten Lamongan, perlu melaksanakan analisis SWOT secara rutin, agar mengetahui berbagai kekurangan internal dan meminimalisir tantangan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan aspek-aspek dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan di Puskesmas Turi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan jumlah responden sebanyak 5 orang dengan teknik sampling purposive sampling, terdiri dari seluruh pimpinan staf manajemen puskesmas. Instrumen Penelitian menggunakan kuesioner riset SWOT, dengan 14 kriteria untuk Internal Factors Analysis Summary dan 12 kriteria untuk Eksternal Factors Analysis Summary . Hasil SWOT analisis di Puskesmas Turi dapat diketahui bahwa Puskemas Turi terletak di kuadran 3. Posisi ini menandakan sebuah organisasi mempunyai peluang yang besar tetapi memiliki kelemahan pada sumber internal. Pada kuadran 3 termasuk ke dalam tahap pembenahan atau ubah strategi dengan cara menghilangkan kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang yang tersedia. Berdasarkan strategi tersebut, maka yang dapat dilakukan adalah memberikan kesempatan para SDM Kesehatan di Puskesmas Turi untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan sebagai bentuk perbaikan etos kerja dan keterampilan individu, serta dilakukannya banyak program promotif dan bersifat preventif oleh para SDM kesehatan Puskesmas Turi yang cakap dan terampil, dimana program-program tersebut melibatkan masyarakat sekitar puskesmas, dengan harapan agar dapat meningkatkan jumlah pemanfaatan pelayanan puskesmas.

Referensi

Rahmawati. L. PENTINGNYA PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIS DI RUMAH SAKIT UNTUK MENJADI RUMAH SAKIT PILIHAN MASYARAKAT Layli Rahmawati Program Studi KARS, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. J Med Hutama. 2022;2356–65.

Abadi FMC, Arso SP, Fatmasari EY. Strategi Pemasaran Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif (Poliklinik Nusa Indah) Rsud Tugurejo Semarang. J Kesehat Masy. 2017;5(4):43–50.

Zia HK, Semiarty R, Lita RP. Analisis SWOT Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang. J Kesehat Andalas. 2018;7:6–11.

Moh.Amin Nugroho. Analisis SWOT pada RSUD Saras Husada Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta; 2015.

Amaliah N, Herawati YT, Witcahyo E, Administrasi B, Masyarakat FK. Analisis SWOT di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) Rumah Sakit Fathma Medika Gresik untuk Meningkatkan Kunjungan Tahun 2016 SWOT Analysis in the Emergency Room ( ER ) of Fathma Medika Hospital Gresik in Order to Increasing Visits 2016. 2017;5(2):223–30.

Bajri A, Sulistiadi W. Srategi Pemasaran RSUD Prof. Dr. HM Chatib Quzwain Sarolangun Jambi Tahun 2018. J Adm Rumah Sakit Indones. 2019;5(2):104–14.

Wiyanto. Strategi Bersaing Dalam Rangka Menghadapi Mea. J Kompetitif Pemasar. 2018;1(3):92–111.

Prihandayani G. Strategi Pemasaran Layanan Mental Health Check Up di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. J Med Hutama. 2020;02(01):402–6.

Subianto A. Analisis swot tentang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan kunjungan pasien di klinik bunda. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2016.

Heningnurani AY. Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi Marketing Strategy of H Abdul Manap Hospital in Jambi City. J ARSI. 2019;5(3):153–64.

Karmawan B. Penyusunan Rencana Strategis Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun 2017-2022. J Adm Rumah Sakit Indones. 2018;2(2):2017–22.

Nurpeni EF. Rencana Pemasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard Marketing Plan of Executive Clinic of Hermina Depok Hospital Using Balanced Scorecard. J ARSI. 2012;116–23.

Handayani E, Bachtiar A. Analisa SWOT RSUD Sawah Besar Sebagai Rumah Sakit Tipe D di Provinsi DKI Jakarta. J Sos Sains. 2021;1(9).

Nawarini NJ. Analisis Rancangan Startegi Rumah Sakit Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien Studi Kasus Pada Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung. Dr Diss. 2020;1–20.

Siagian SP. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara; 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Kirana, G. R., & Nugraheni, R. (2022). Analisis SWOT Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan Sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Organisasi. Jenggala : Jurnal Riset Pengembangan Dan Pelayanan Kesehatan, 1(1), 47-54. Diambil dari http://jurnal.iik.ac.id/index.php/jenggala/article/view/35

Terbitan

Bagian

Artikel